Kulit Jeruk, Obat Baru Untuk Kolesterol

Kulit Jeruk, Obat Baru Untuk Kolesterol


Kulit Jeruk, Obat Baru Untuk Kolesterol - Banyak manfaat dari kulit jeruk, seperti yang sudah sesuatu banget share sebelumnya mengenai manfaat dari kulitjeruk kali ini informasinya yang Dilansir Times of India, berikut manfaat kulit jeruk untuk tubuh.
Anti Kolesterol
Kulit jeruk memiliki minyak yang bersifat sebagai anti miktroba dan anti inflamasi. Kandungan minyaknya, yakni atsiri d-limonene, mampu menjaga stabilitas pencernaan dengan mempertahankan gerakan usus dan meredakan asam lambung.
Penemuan lain juga menunjukkan bahwa kulit jeruk mampu melarutkan kolesterol dan trigliserida. Artinya, mengonsumsi kulit jeruk dalam bentuk bubuk, atau campuran pada makanan juga dapat menguntungkan bagi orang-orang dengan kadar kolesterol tinggi. Flavanoid dalam kulit jeruk pun efektif melawan kanker usus besar.
Anti insomnia
Bagi Anda yang sering mengalami gangguan tidur atau insomnia, kulit jeruk juga dapat menbantu mengatasinya. Anda tinggal berendam dalam air hangat dengan taburan kulit jeruk. Aroma dan minyaknya membuat tubuh lebih rileks.
Anti jerawat
Sedangkan untuk kecantikan, kulit jeruk mampu menyeimbangkan kadar minyak. Selain itu juga membuat tekstur wajah lebih halus dan lembut. Ini karena kulit jeruk bertindak sebagai anti inflamasi, anti jamur dan bakteri.
Kulit jeruk kering pun bertindak sebagai exfoliator alami, yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati, komedo, flek pada wajah, serta bekerja baik menangkal jerawat.
Lima Pengaruh Kebahagiaan untuk Kesehatan

Lima Pengaruh Kebahagiaan untuk Kesehatan



Lima Pengaruh Kebahagiaan untuk Kesehatan - Mungkin di antara sobat ada yang belum tahu manfaat dari rasa bahagia, berdasarkan penelitian ternyata kebahagian yang sering kita rasakan itu punya manfaat sembuhkan beberapa penyakit, Oleh karena itu  ada beberapa manfaat agar terhindar dari depresi dan stres serta menuju pada kebahagiaan.Inilah Lima Pengaruh Kebahagiaan untuk Kesehatan.

Turunkan hormon stres
Dengan tertawa dapat menjadi 'obat' sempurna yang mampu membuat suasana tegang menjadi tenang. Di samping itu, tertawa dapat menurunkan kadar hormon stres anda, seperti kortisol dan adrenalin. Tentunya dengan menurunnya hormon juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Sembuhkan sakit kepala
Umumnya penyebab sakit kepala teratur, disebabkan karena stres yang berkepanjangan. Oleh karena itu, jika Anda mampu mengalihkan (mengontrol) semua masalah-masalah Anda dengan baik, pastinya otomatis Anda dapat menyingkirkan sakit kepala.
Untuk itu, sebisa mungkin buatlah diri Anda merasa bahagia. Misal dengan berkumpul bersama teman atau melakukan hal-hal menarik yang mampu memancing Anda tertawa.
Halau kram
Manfaat kebahagiaan yang satu ini terbilang unik dan jarang disadari oleh banyak orang. Ketika Anda dalam kondisi tertekan atau stres, setiap bagian tubuh Anda dapat menjadi kram otot. Misalnya rasa sakit pada bagian punggung bawah, belakang leher, dan bagian tubuh lainnya.
Jantung lebih baik
Beberapa orang percaya bahwa kesehatan mereka menjadi lebih baik karena mereka telah merasakan kebahagiaan. Namun bukan berarti mereka yang tidak merasak bahagia, tidak memiiki kesehatan jantung.
Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar menjaga kesehatan emosional Anda, misal dengan berlatih yoga atau meditasi. Selain mendapatkan cara mengontrol stres juga berujung pada kesehatan jantung.
Hidup lebih lama
Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa orang bahagia umumnya akan hidup lebih lama dibandingkan orang yang sehat. Jika menginginkan hidup bahagia, pastikan pula bahwa Anda dapat menikmatinya.
Celana Dalam Peredam Aroma Kentut

Celana Dalam Peredam Aroma Kentut


Celana Dalam Peredam Aroma Kentut - kita barangkali kerap sukar menahan buang angin atau gas. terlebih waktu alami perut kembung atau problem pencernaan yang lain. bikin kita jadi tidak nyaman serta kehilangan rasa yakin diri di dalam lingkungan sosial.
mengerti problem itu, sesuatu perusahaan tekstil asal jepang coba meluncurkan product inovatif berbentuk celana didalam penangkal aroma kentut. celana didalam ini diklaim dapat menetralisir aroma tidak enak yang tertangkap.
koleksi celana didalam untuk pria serta wanita yang diperkenalkan dengan nama deoest ini menggabungkan partikel keramik serta material memiliki serat spesial. yang didesain dapat menyerap serta menetralisir aroma tidak enak yang keluar waktu buang angin.
kami perlu satu tahun lebih untuk mengembangkan celana deodoran pertama yang cukup nyaman digunakan sehari-hari ini. celana yang dapat dibuktikan efektif menyingkirkan bau yang kuat dengan cepat, kata nami yoshida, juru bicara perusahaan, layaknya diambil daily mail.
Menguak Alasan Wanita Emosional Usai Bercinta

Menguak Alasan Wanita Emosional Usai Bercinta

Faktor trauma akibat pelecehan seksual bisa jadi penyebab depresi. (healthism)

Menguak Alasan Wanita Emosional Usai Bercinta - Aktivitas seksual memberi sejuta manfaat, secara fisik maupun mental. Tapi kadangkala usai berhubungan seks, ada wanita yang justru merasa sedih atau tertekan. Apa penyebabnya ?
Penelitian terkait munculnya rasa sedih, tertekan, hingga depresi usai melakukan hubungan seksual ini dilakukan oleh para peneliti Australia dari Queensland Institute of Technology. Hasilnya menunjukkan bahwa satu dari tiga wanita merasa tertekan setelah bercinta.
Lebih dari 200 perempuan ditanyakan soal kehidupan seksualnya. Sekitar 33 persen mengatakan pada beberapa titik, mereka pernah merasa tertekan setelah bercinta dengan pasangan.
"Dalam keadaan normal, berhubungan seksual dalam menciptakan sensasi perasaan bahagia, sejahtera, sekaligus mampu merelaksasikan keadaan psikologis dan fisik," kata seorang profesor dari Queensland Institute of Technology, Robert Schweitzer, seperti dikutip dari Daily Mail.
Namun ada pula wanita yang justru merasakan sebaliknya. Usai berhubungan intim, mereka lebih melankolis dan gelisah, bahkan dapat berujung pada depresi. Menurut Robert, kondisi ini memang sulit untuk dijelaskan secara mendetail. Akan tetapi, kondisi ini berkaitan erat dengan post coital blues (kesedihan).
Dengan kata lain, wanita yang sedang bersedih lebih mudah meluapkan emosinya usai bercinta. Dalam hal ini, muncul rasa sedih yang berlebihan, mudah marah, dan cemas, serta gelisah.
Kondisi ini terjadi disebabkan karena faktor pengalaman yang tak menyenangkan misalnya trauma seksual akibat pelecehan seksual. "Rasa malu, bersalah, dan kehilangan harga diri dapat menjadi korelasi yang mungkin dalam hal ini," kata Schweitzer.
Akan tetapi, di balik itu semua ada faktor lain yang menjadi penyebabnya, seperti predisposisi biologis (lebih mungkin dan rentan karena faktor biologis). (eh)
Lima Langkah Dapatkan Perut Rata

Lima Langkah Dapatkan Perut Rata


Lima Langkah Dapatkan Perut Rata - Perut tanpa gelambir adalah keinginan semua orang. Di samping masalah penampilan, perut mempengaruhi risiko penyakit. Sebuah penelitian menemukan, lemak di bagian perut bisa menjadi indikasi berbagai penyakit degeneratif.
Ada lima hal yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk memperoleh perut datar dan sehat, seperti dikutip Fitsugar:
Olahraga pagi
Mulailah hari dengan menargetkan latihan kecil pada otot perut dengan sit up. Tidak hanya memperbaiki bentuk otot, latihan ini akan mengecilkan pinggang lebih ampuh daripada efek korset. Untuk pemula, lakukan sesuai kemampuan dan tingkatkan seiring bertambahnya kekuatan.
Sarapan
Agar memiliki bentuk perut ramping, jangan mengesampingkan sarapan. Sarapan akan membantu memecah lemak dan meningkatkan metabolisme. Sarapan yang sehat juga mencegah keputusan buruk mengkonsumsi makanan berlemak dan penuh gula saat makan siang, Jika sering merasa kembung, jauhkan produk susu dari sarapan Anda.
Makanan yang dihindari
Selain susu, ada beberapa jenis makanan yang menyebabkan kembung. Antaralain makanan berlemak atau asin, dan soda. Beberapa jenis buah dan sayuran seperti mentimun, asparagus, dan oatmeal juga membuat perut kembung.
Potong Kalori
Sediakan makanan sehat yang bisa Anda nikmati sepanjang hari namun cukup gizi sekaligus mengurangi asupan kalori. Masukkan kacang, apel, rempah-rempah, avokad, sayuran hijau, telur, yoghurt, kacang merah, teh hijau, lemon, cuka dalam menu harian Anda.

Latihan Cardio

Semua latihan memang bisa memberi hasil. Namun beberapa gerakan olahraga terbukti lebih cepat mencairkan lemak perut. Untuk itu, lakukan latihan cardio intensitas tinggi untuk membakar kalori lebih banyak dan gabungkan dengan latihan dengan kecepatan normal. Bagi pemula, Anda bisa mencoba jogging diselingi sprinter selama beberapa menit atau treadmill berkecepatan normal diselingi kecepatan sprint.
Kandungan Kopi Tak Hanya Kafein

Kandungan Kopi Tak Hanya Kafein



Kandungan Kopi Tak Hanya Kafein - Bicara kopi sama dengan bicara soal kafein. Kafein dalam kopi dikenal sebagai 'ramuan ajaib' untuk menambah stamina dan kantuk. Namun, kandungan ini juga terkenal dengan sebagai zat yang membahayakan kesehatan. Bahkan saat ini penelitian yang mengupas tentang manfaat dan efek samping secangkir kopi pun masih bergulir.
Kopi bukanlah minuman yang dapat diminum oleh semua orang. Contohnya, ibu hamil, wanita menyusui. dan orang-orang dengan kondisi medis tertentu seperti sakit tekanan darah tinggi dan osteoporosis. Tapi di sisi lain kopi memiliki manfaat baik untuk kondisi seseorang, termasuk untuk menumpas beberapa penyakit.
Berikut ini adalah lima alasan mengapa kopi baik dikonsumsi, seperti yang dilansir Huffington Post.
1. Perlindungan terhadap diabetes

Minum kopi secara teratur dikaitkan dengan efek perlindungan terhadap resiko diabetes. Bahkan, menurut penelitian kopi memberikan perlindungan hingga 60 persen.

2. Hidrasi

Banyak orang beranggapan kalau kafein memiliki efek deuretik yang dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Ini hanyalah mitos yang berkembang. Konsumsi kafein secara teratur, justru dapat menjaga hidrat tubuh dengan baik.

3. Melindungi otak

Beberapa penelitian lain juga menunjukan, kopi dapat memberikan perlindungan seseorang terhadapa penyakit neuro degeneratif seperti Parkison dan Alzheimer.

4. Antioksidan dan fitonutrien

Siapa sangka kalau kopi juga menyimpan banyak harta karun di dalamnya. Selain kafein, kopi juga mengandung antioksidan dan fitonutrien, yang kaya akan asal klorogenat dan polifenol. Jadi, bukan hanya teh hijau dan blueberry saja yang kaya akan antioksidan.

5. Melindungi hati

Banyak orang menghindari kopi karena dianggap sebagai racun tubuh. Sebenarnya, kopi memiliki phytonutrisi yang berfungsi untuk melindungi kesehatan hati. Konsumsi kopi, melindungi seseorang terhindar dari penyakit sirosis dan kanker hati. (sj)
Agar Kulit Bersih Berseri dalam Dua Hari

Agar Kulit Bersih Berseri dalam Dua Hari

Selalu cuci tangan terlebih dulu sebelum mencuci wajah. (istockphoto)
Agar Kulit Bersih Berseri dalam Dua Hari - Kulit indah bebas jerawat, kusam, berminyak dan lingkaran hitam di bawah mata adalah harapan semua orang, baik pria maupun wanita. Tak mengherankan, berbagai jenis perawatan kecantikan kulit digunakan.
Meski menggunakan krim mahal dari ahli dermatologi, Anda memerlukan waktu agar hasilnya terlihat. Ada cara-cara alamiah yang benar-benar efektif menghaluskan dan mencerahkan warna kulit. Bila dilakukan dengan benar, dalam waktu 2 hari kulit wajah akan terlihat lebih bersih.
1. Mencuci wajah

Basuh wajah dengan air dingin pada waktu tertentu yang berfungsi membuang kotoran dan sel sel kulit mati yang merusak kulit. Sebelum ke luar dan setelah kembali dari aktivitas, segeralah mencuci wajah dengan pencuci wajah yang ringan.
Gunakan  pembersih untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sabun bisa merusak kulit dan menyumbat pori-pori penyebab jerawat. Jika Anda berjerawat, segeralah mencuci wajah dengan pembersih antibakteri yang menghilangkan kotoran dan mengecilkan pori-pori.
2. Basuh wajah dengan lap hangat

Rendam handuk bersih ke dalam air hangat dan kemudian peras handuk hingga kering. Setelah itu segera taruh handuk di wajah selama satu menit hingga uap hangatnya diserap oleh kulit dan membuka pori-pori yang menyumbat. Lalu, cuci wajah dengan air dingin minimal tiga kali sehari.

3. Basuh tangan

Jangan sekali kali membasuh wajah dengan kondisi tangan yang kotor atau tidak bersih. Cucilah tangan terlebih dahulu sebelum mencuci wajah.
4. Scrub gula

Untuk mendapat wajah yang berseri secara alami, lakukan pengelupasan kulit dengan cara alami.  Scrub gula adalah exfoliator alami. Campur satu sendok gula dalam semangkuk air dan gosokkan ke kulit.
Pijat dalam gerakan berputar selama satu menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Scrub ini juga dapat digunakan di tubuh dengan menambah beberapa sendok teh pada air mandi.

5. Scrub lemon

Lemon juga salah satu bahan alami yang dapat membantu kulit menjadi sempurna. Untuk mendapatkan wajah berseri tanpa jerawat, potonglah lemon dan basuh di area wajahmu. Gunakan metode ini seminggu sekali untuk menghilangkan jerawat.
Lemon juga dapat membuang sel-sel kulit mati dan dapat membersihkan wajah tetapi akan membuat wajah terlihat sedikit kering. (umi)
4 Kreasi Air Putih Pembuang Racun

4 Kreasi Air Putih Pembuang Racun



4 Kreasi Air Putih Pembuang Racun - Detoksifikasi sangat dianjurkan untuk dilakukan secara teratur. Hal ini penting untuk membersihkan dan mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengkonsumsi air putih. Anda bisa mengkonsumsinya kapan saja, racun pun akan keluar dengan mudah melalui urin atau keringat. Namun, konsumsi air putih tanpa rasa lama-kelamaan terasa membosankan. Untuk menyiasatinya, tambahkan saja beberapa bahan alami ke dalam botol atau gelas air putih.
Tak hanya berfungsi sebagai penambah rasa, tapi juga bisa memperlancar proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Berikut beberapa cara mengkreasikannya, bisa disajikan hangat atau dingin, yang pasti bahan-bahan ini menambah rasa unik ke dalam air putih.

Lemon

Lemon membuat air putih menjadi minuman detoksifikasi yang sangat kuat. Air perasan lemon, seperti dilansir dari FitSugar membantu untuk membersihkan dan menyeimbangkan sistem pencernaan tubuh.

Mint
Mint menambahkan sentuhan cita rasa unik yang terasa sangat segar walaupun air putih diminum tanpa gula. Selain itu, mint juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan membersihkan lambung serta usus Anda.
Mentimun
Mentimun tidak hanya digunakan dalam ritual masker wajah. Tambahkan beberapa iris mentimun ke dalam segelas air putih yang dapat membantu tubuh menjadi semakin terhidrasi dengan baik, dan juga berfungsi sebagai anti-inflamasi.
Jahe
Jenis akar ini memiliki cita rasa sedikit pedas dan hangat. Dapat membersihkan sistem pencernaan, termasuk membantu mencerna makanan yang mengendap di perut. Anda dapat mengiris jahe mentah menjadi irisan-irisan tipis dan masukkan ke dalam segelas air hangat.
Cara Jitu Memutus Cewek Dengan Lembut

Cara Jitu Memutus Cewek Dengan Lembut

Cara Jitu Memutus Cewek Dengan Lembut - Apakah ada diantara sobat cowo yang bingung caranya memutuskan cewek tapi gak mau bikin cewknya sakit hati.?? di bawah ini ada beberapa tips untuk Cara Memutus Cewek Dengan Lembut,.ini dari pengalaman gan,..

Hal yang pertama meminta maaf dan meminta persetujuan dari pacar, lalu memberi sebuah kenang-kenangan atau hadiah, terus putusin deh. atau Cobalah bicara dng terus terang dan katakan alasanmu dngn sejujurnya bhw keputusan tsb diambil demi kebaikan bersama.

Bisa juga pake trik ini 1,biasanya ngapel seminggu sekali ganti mundur jadi 2 minggu sekali, terus mundur jadi 1bulan 1x, terus mundur 3 bulan 1x, baru bilang kalian nggak cocok hubungan nya,dan terakhir kamu bilang "maafin gw say, gw udah gak bisa jalanin hubungan ini, hubungan kt cukup sampe sini ajah alasannya (kamu jelasin knp kamu mau mutusin dia)
Cara Jitu Merayu Cewek Yang Munafik

Cara Jitu Merayu Cewek Yang Munafik

Cara Jitu Merayu Cewek Yang Munafik - kita mungkin butuh cara atau bagaimana cara meluluhkan hati wanita? jangan munafik jika anda bilang tidak, semua orang itu bukan cuma butuh tapi perlu. .
mungkin sih, ada sebagian kalo dia bisa sendiri tanpa tips, tapi anda bisa sadar dibalik semua itu ada sedkit salah. mungkin bagi anda yang bisa, slah dikit bukan apa apa asal aku bisa dapetin cewek itu. dasar cowok zaman sekarang, hehehe

tapi kita langsung aja memberi tips dan triknya  Merayu Cewek Yang Munafik:

1. Berbicaralah dengan hati.
Tanpa kita sadari seringkali kalau kita berbicara dengan cewek pujaan, pasti sering kita berusaha suapaya jawaban kita menyenangkan dia atau supaya jawaban kita terdengar bagus di telinga si dia. Itu salah bung! Jika ingin berbicara dengan wanita BERBICARALAH!

Jangan, Berbicara seperti direncanakan! berbicaralah karena memang anda ingin berbicara…jangan pernah menutupi apapun saat berbicara. Tanyakanlah kepada para playboy di seluruh dunia, apa pernah mereka berfikir sesuatu saat berbicara dengan wanita.Tidak sama sekali kami hanya berbicara seperti biasanya.

Dari semua cara memikat wanita, ini adalah hal utama yang harus ada dalam karakter pria anda.

2. Jangan jadi ‘loser’
Saat ingin memikat wanita/merebut hati cewek jangan jadi loser deh. Apa sih yang dimaksud loser ini. yang saya maksud jangan menjadi seseorang yang melakukan apapun supaya si cewek senang.Contohnya yang paling gampang adalah menjadi objek lelucon teman sekelas supaya si cewek tertawa.

Ini hal paling konyol! jangan pernah lakukan.secara wanita nggak suka lagi.

3. Jadi pemimpin donk / gentleman
anda harus tunjukin siapa yang cowok siapa yang cewek. Jika jadi cowok cobalah untuk menjadi pemimpin. Misal saat sedang jalan-jalan sama cewek, minta dia membawakan tas anda. Jika ceweknya mau…ya berhasil, tapi kalau nggak mau..ya tetap sajacool! seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Atau misalnya jika sedang mengajak cewek nonton bioskop.Anda yang harus menentukan mau nonton film apa, bioskop yang mana dan lain lain. Biarkan si cewek hanya berbicara tentang hal-hal kecil seperti filmnya bagus nggak ya. Tapi anda harus tetap pegang kendali arah pembicaraan.

4. Jangan Menggila
gila! mungkin terkesan dalam bahasa kasar tapi pernah berpikir gag, kalo cewek dalam hatinya bilang gitu kalo anda tersenyum senyum sendiri saat bersamanya? ungtung tu cewek bisa mengerti, tapi kalo tidak gmn? malu tau . .

itu mungkin kejadian kecil, makanya kalo saat anda bersama sama cewek idaman kamu. biasakan biasa saja, dan buatlah dia tersenyum dengan gaya kamu. tapi inget jangan gila atau keterlaluan y . .
Cara Mengatasi Cowok Pemalu Banget Ketika Ketemu Cewe

Cara Mengatasi Cowok Pemalu Banget Ketika Ketemu Cewe

Cara Mengatasi Cowok Pemalu Banget Ketika Ketemu Cewek - Jika Anda seorang pria pemalu akan memiliki lebih banyak kesulitan menghadapi kencan pertama. Jangan kha- watir, hari ini saya akan memberikan beberapa tips untuk membantu Anda meningkatkan kesempatan Anda dan keluar menang dalam janji Anda. Ingatlah bahwa kepercayaan adalah atribut yang sangat menarik. Pada kenya-taannya, sebagian besar wanita mengatakan mereka merasa lebih tertarik pada pria yang menunjukkan keper-cayaan diri dan ketegasan. Jika Anda seorang pria pemalu, Anda harus belajar untuk proyek citra reputasi. Di satu sisi, kontak mata adalah sebuah kebutuhan. Ketika Anda mengutip seorang wanita, Anda harus mencari mata dan. Jika Anda mencari di sepatu mereka atau ruang mana Anda berada, ini akan membuat gadis itu menjengkelkan. Kedua, Anda harus mengarahkan suara Anda dan berbicara terdengar dan jelas. Jika Anda mendekati seorang wanita dan berbicara dengan suara begitu rendah Anda harus mengulang beberapa kali apa yang Anda katakan, dia tidak akan terkesan oleh Anda. Jadi Mengetahui semua pickup lines bodoh, trik sulap dan "rahasia" di dunia Mungkin membantu impian hari Anda, semua ini wont banyak gunanya bagimu ketika mendekati Perempuan Mencoba kecuali Anda Memiliki kepercayaan diri untuk melihat dia di mata dan katakan padanya bagaimana Anda merasa dan Apa yang Anda inginkan darinya.

Apakah Anda mengalami gejala-gejala tersebut:
Hiperventilasi
Jitteriness
Racing Pikiran
Racing Jantung Mengalahkan
Merasa sakit
Gagap
Bingung
Kata-kata keluar yang salah
Kesulitan bernapas
Benjolan di tenggorokan
Kesulitan menelan
Pikiran menggambar kosong
Kupu-kupu di perut
Takut isian up
Takut penolakan
Telapak tangan berkeringat

Jika demikian, panduan ini akan membantu Anda lebih datang Ketakutan Anda dan mendekati wanita cantik dengan mudah dan percaya diri. Tidak takut penolakan, tidak ada telapak tangan berkeringat, tidak ada kecemasan luar biasa. Hanya "hei bayi, bagaimana kabarmu" tanpa masalah apapun! Tapi Sebelum kita masuk ke dalam "daging" dari panduan ini, Ada Apakah Beberapa fakta yang sangat sederhana yang benar-benar HARUS tahu tentang Wanita Itu Apakah Tentu Membuat Anda Merasa Lebih baik saat Anda pergi ke Mereka:

Fakta Sederhana Tentang Wanita - Wanita Paling Apakah hanya sebagai baik dan ramah seperti Anda dan saya, Mereka Apakah Bukan berarti orang asing dan TIDAK akan menampar Anda atau berteriak "Pervert" ketika Anda mendekati them. Periksa Tingkat Keyakinan Anda - Ketika datang ke kencan, seorang pria percaya diri selalu memiliki keunggulan atas pria pemalu. Sebagai soal fakta, Anda Jarang Bisa melihat seorang pria mendekati wanita dan meminta kencan. Guy akan membuat langkah pertama, PALING waktu. Menghilangkan Diri Negatif Bicara- Pikiran Bawah Sadar Anda akan mencoba untuk melakukan Semuanya Seringkali Dalam kekuatan itu untuk Mencegah Anda Dari Melakukan Apa yang Anda inginkan dengan memberitahu Anda segala macam omong kosong. Membuat Bicara Diri Positif - Apa yang Anda bertanya pada diri sendiri secara langsung akan mempe-ngaruhi harga diri Anda dan kepercayaan diri sehingga meningkatkan kecemasan Anda Mendekati Ketika berhadapan dengan seorang wanita.

Membangun Keyakinan Anda - Ada banyak cara untuk membangun rasa percaya diri Anda, Anda BISA bekerja keluar untuk melihat dan merasa hebat, cobalah untuk selalu melihat yang terbaik Anda, atau acara minum sedikit alkohol untuk mendapatkan sedikit Apa yang akan saya "Keberanian Liquor." untuk berbicara tentang adalah bagaimana membangun rasa percaya diri Anda dengan cara penegasan. Persiapan Sebelum Mendekati Wanita - Apakah Anda pernah Pendekatan gadis, mendapat Perhatian, Dan Lalu Apakah ada katakan? Itu Bisa kembali braw besar Karena keheningan dan saat canggung TIDAK akan membantu Anda mendapatkan nomor telepon Siapapun. Perencanaan Topik Percakapan Anda - Perencanaan percakapan Anda, Dimana Apakah Kita? Itu benar, keluar pena dan kertas dan perencanaan Apa yang akan Anda katakan, Dimulai dengan ucapan Anda. Kencan Topik Percakapan Contoh - saya punya cukup banyak pertanyaan saya telah membelok hingga Sering Bahwa aku gunakan pada orang-orang. Tapi aku tidak akan daftar semua dari mereka ke sini. Además Beberapa Dari Mereka mungkin tidak cocok bagi saya untuk disebutkan di sini dan aku Jangan ingin menyinggung siapa pun. Pernapasan yang tepat untuk Tenang Bawah - Jika Anda hiper-ventilasi atau sulit untuk bernapas Saat Mendekati Wanita, Maka ini bagian dari buku ini Dapat membantu bagi Anda. Latihan untuk Mengurangi Kecemasan dan Depresi - Latihan Memberi Anda lebih banyak energi, Membantu Anda Tidur Lebih Baik, Lebih Kuat Membuat hati Anda, Membantu sirkulasi, Tingkatkan Kapasitas paru-paru Anda mengembang, Membuat otot-otot Anda kuat.
Cara Paling Jitu Buat Bikin Cewek Jutek jadi klepek_klepek Pada Kita

Cara Paling Jitu Buat Bikin Cewek Jutek jadi klepek_klepek Pada Kita

Cara Paling Jitu Buat Bikin Cewek Jutek Jadi klepek-klepek Pada Kita - Cewek jutek biasanya jadi tantangan sendiri buat kita, betul nggak? Jarang senyum dan mukanya yang jutek yang ngegemesin dan membuat kita jadi penasaran. Akan tetapi mendekati cewek jutek itu bukan perkara yang mudah. Kita harus meilhat dengan jeli celah-celah yang bisa memungkinkan kita masuk ke kedunianya.

1. Pompa Mental
Hal yang paling dasar dan mesti kamu perhatikan, adalah siapin mental setebal-tebalnya, sebab niat baik kita mau berkenalan sama dia belum tentu dibalas dengan manis. Dia nggak segan membalas senyuman kamu dengan muka juteknya loh.

2. Cari faktor X nya?
Kadang kita suka salah mengartikan kejutekan seseorang, yang sok kecantikan atau sok jual mahal lah. Eh nggak baik loh berburuk sangka. Coba deh cari faktor X nya atau alasannya kenapa dia bisa judes. Bisa jadi itu cuma tameng terhadap orang baru atau dia agak kikuk berkomunikasi dengan orang baru. Makanya dia memilih diam dan dengan diamnya dia jadi terlihat jutek.

3. Dekati lingkungannya
Mengetahui hal-hal pribadinya dia nggak gampang buat kita. Terus gimana dong? Jangan pesimis, masih ada jalan lain menuju Roma. Cari deh info dari orang-orang yang deket dengan dia, misalnya temen-temennya atau bahkan memantau melalui social network seperti Twitter dan Facebooknya. Dengan begitu makin lama makin banyak yang kita ketahui tentang dia, nah itu modal kamu untuk memulai dari mana selanjutnya.

4. Kulik ketertarikannya
Setelah dapat info tersebut, cari deh apa yang dia sukai. Misalnya mereka suka banget sama Lady Gaga, kalau kamu nggak tau soal Lady Gaga, mulai deh cari info sedalem-dalemnya mengenai Lady Gaga. Jadi kalau kamu udah tau seluk-beluk terdalam Lady Gaga, kalau kamu diajak ngobrol bisa nyambung dengan dia, kalau udah gitu kan bisa jadi nilai plus buat kamu dimata dia.

5. Be Clown
Maksudnya kamu nggak usah pake baju badut yang ada ditaman hiburan. Kalau dia udah mulai mau diajak ngobrol sama kamu, buat jangan sampai jadi garing. Lontarkan lah lelucon-lelucon yang bisa membuat dia tertawa lepas. Kalau udah bisa membuat tertawa, suasana akan lebih cair kedepannya. Kalau udah cair, akan mudah buat kamu mau diterusin ke niat untuk mendekati kan.
Apakah jika sperma keluar dari vagina, masih bisa hamil

Apakah jika sperma keluar dari vagina, masih bisa hamil

Apakah jika sperma keluar dari vagina, masih bisa hamil - Pertanyaan ini ada karena mungkin Anda dan pacar melakukan teknik penundaan kehamilan dengan cara senggama terputus (coitus interruptus). Pada senggama terputus, sperma memang harus dikeluarkan diluar rahim. Masalahnya, apakah Anda mengeluarkannya benar-benar di luar rahim dan diluar vagina, atau masih dekat di bibir vagina? Karena jika sperma keluar masih dekat di bibir vagina, yang memungkinkan cairan sperma mengalir ke dalam vagina, walaupun kecil namun kemungkinan untuk hamil tetap ada.

Cairan yang keluar sebelum ejakulasi, bukanlah sperma. Cairan tersebut murni pelumas, dan seharusnya tidak mengandung sel sperma. Kecuali jika sesaat sebelumnya Anda sempat mengeluarkan sperma namun tidak tuntas, bisa jadi sisa sperma tersimpan di saluran kencing di penis, dan saat mengeluarkan cairan pelumas, sisa sperma ikut terbawa. Namun jika tidak, maka tidak akan mengandung sperma.

Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda.
Ciri-Ciri Cewek Perawan dan Tidak Perawan

Ciri-Ciri Cewek Perawan dan Tidak Perawan

Ciri-Ciri Cewek Perawan dan Tidak Perawan - Mau tau Ciri-Ciri Cewek Perawan dan gak Perawan simak artikel berikut,Untuk melihat seorang gadis masih perawan atau tidak, anda tidak perlu melihatnya saat malam pertama. Ada beberapa ciri fisik pada tubuh wanita perawan atau tidak. Mau tahu apa ciri-cirinya?

1. DI LIHAT DARI CARA BERJALANNYA
Wanita yang sudah tidak perawan akan terlihat kalau dia sudah tidak perawan lagi saat wanita itu berjalan sambil menggendong anaknya, itu sudah jelas kalau wanita itu SUDAH TIDAK PERAWAN LAGI. #ngetik sambil teriak2

2. SELALU MENGHINDAR SAAT DI TAKSIR OLEH COWOK
Bisa di bedakan mana yang perawan, mana yang tidak perawan. seorang wanita akan terlihat sudah tidak perawan lagi saat kita para cowok menyatakan cinta pada seorang wanita, tapi suaminya datang sambil marah-marah sama kita. Itu sudah di pastikan kalau wanita itu SUDAH TIDAK PERAWAN LAGI..!!!! INGAT.. JAUHI WANITA ITU KALO KAMU TIDAK MAU BABAK BELUR DI PUKULIN SAMA SUAMINYA.

3. DI LIHAT DARI BENTUK TUBUHNYA
Bentuk tubuh seorang wanita juga bisa menentukan kalau di masih perawan atau tidak. Jika perutnya terlihat mendadak buncit dalam beberapa bulan, itu sudah jelas sekali kalau wanita itu sudah tidak perawan lagi.

4. DI LIHAT DARI LEHERNYA
kalau yang satu ini, kita harus teliti memperhatikan leher wanita sebelum di jadikan pacar. Siapa tau wanita itu sudah tidak perawan lagi. jika terdapat tonjolan pada leher bagian depan wanita itu, berarti wanita itu tidak perawan karna bisa di pastikan dia bukan wanita tapi WARIA

6. DI LIHAT DARI DADANYA
Dada seorang wanita sangat menentukan kalau dia masih perawan atau tidak. Dan di butuhkan nyali besar untuk melakukannya. Jika dada wanita kita pegang dan terasa agak keras juga berbulu. itu tandanya dia juga buka perawan. Melainkan laki-laki. Gkgkgk..

7. DI LIHAT DARI NAMANYA.
Kalau ada seorang wanita yang bernama Gadis, maka cepat nikahi wanita itu. Rugi banget kalau sampe di duluin orang. Kan enak tuh kalau kita nanti sudah tua, istri kita nanti di sebut GADIS.
Keren kan..

8. DI LIHAT DARI CARA DIA MEMBACA
Saking seriusnya membaca postingan ini, dia baru sadar kalau nomer 5 tidak ada. Wkwkwk..:P

9. DI LIHAT DARI CARA DIA KALAU UDAH MEMBACA
Sadar kalau nomer 5 tidak ada, dia langsung liat ke atas. Dan berkata ''Oh iya nomer 5 tidak ada'' abis itu nyengir deh...:P NAH...!! Berarti dia itu masih perawan. #Ciyee.. Ciyee..
yang mara2 trus ngga ngasih berarti maho
10. Cewek yang masih perawan selalu berkomentar setelah baca postingan ini.
Manfaat Terbaik Teh Hijau Bagi Kecantikan

Manfaat Terbaik Teh Hijau Bagi Kecantikan

Manfaat Teh Hijau Bagi Kecantikan - Manfaat teh hijau bagi kesehatan memang sangatlah banyak terutama manfaat kesehatan teh hijau untuk kecantikan,buat anda yangingin mencoba mengkonsumsi teh hijau untuk kecantikan di bawah ini sekitar duniamu akan share mengena Manfaat Terbaik Teh Hijau Bagi Kecantikan. langsung saja kita uraikan apa saja Manfaat Terbaik Teh Hijau Bagi Kecantikan,semoga dengan adanya artikel Manfaat Terbaik Teh Hijau Bagi Kecantikan ini sobat bisa teinsfirasi untuk mencoba memanfaatkan teh hijau ini untuk kecantikan khususnya atau untuk kesehatan pada umumnya. Aa saja Manfaat Teh Hijau Bagi Kecantikan.? ini lah Manfaat Terbaik Teh Hijau Bagi Kecantikan.

Pelindung alami dari sinar matahari
Baik sebagai minuman maupun dioleskan pada kulit, teh hijau memiliki efek perlindungan terhadap sinar matahari. Jika ingin digunakan langsung pada kulit, seduh dua sendok makan daun teh hijau. Biarkan sampai dingin lalu saring dengan bahan kain yang lembut. Gunakan kain yang basah tersebut untuk mengompres bagian yang akan terkena sinar matahari. Biarkan sampai kering. Lakukan ini setidaknya 30 menit sebelum terpapar sinar matahari. Menurut studi yg diterbitkan di "Journal of Photochemistry and Photobiology", kandungan teh hijau mampu melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan oleh sinar ultraviolet B (UVB).

Mengatasi mata panda
Kurang tidur seringkali menyebabkan kantung mata atau mata bengkak. Hal ini bisa juga diatasi dengan kandungan tanin yang terdapat dalam teh hijau. Gunakan bekas kantung teh hijau yang sudah diseduh. Kompres di atas mata yang tertutup selama 20 menit. Kandungan tanin bisa membantu mengurangi bengkak dan mengembalikan kesegaran kulit di sekitar mata.

Menyuburkan rambut
Studi yang dilakukan ilmuwan Korea di National University College of Medicine menemukan epigallocatechin-3-gallat yang terkandung dalam teh hijau bisa membantu meningkatkan kesuburan rambut. Teh hijau juga terkenal meningkatkan metabolisme yang bisa turut merangsang pertumbuhan rambut. Beberapa produk rambut seperti serum atau shampo juga sering menggunakan panthenol yang terkandung dalam teh hijau. Panthenol bisa membantu memperkuat rambut dan mengurangi risiko rambut bercabang.

Jerawat dan muka berminyak
Kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin yang ada di dalam teh hijau, bisa menciptakan toner alami yang sempurna untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Tuangkan teh hijau pada cetakan es lalu masukan dalam freezer. Setelah terbentuk menjadi es, gunakan satu blok pada wajah setiap hari dengan mengoleskannya secara merata. Lalu, diamkan hingga kering. Masker wajah dari teh hijau juga dipercaya bisa mengurangi jerawat. Kantong teh yang dikompres langsung pada jerawat atau membuat masker daun teh hijau yang dicampur dengan putih telur dipercaya bisa mengurangi timbulnya jerawat. Tentunya perawatan ini harus dilakukan secara teratur.

Cara terbaik menikmati teh hijau
Perawatan luar dengan teh hijau akan semakin maksimal jika didukung dengan konsumsi teh hijau secara teratur. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari meminum teh hijau, perhatikan poin-poin berikut:
1. Gunakan air hangat, bukan air mendidih untuk menyeduh teh hijau. Air yang terlalu panas bisa merusak kandungan antioksidan pada teh hijau sehingga menghilangkan manfaatnya.
2. Seduh teh hijau maksimal selama 2 menit. Menyeduhnya terlalu lama akan merusak rasa aslinya. Jika ingin memperoleh rasa yang kuat sebaiknya tambahkan daun teh atau kantung teh saat menyeduh, bukan dengan membiarkan menyeduhnya lebih lama.
3. Jangan aduk teh hijau saat sedang menyeduhnya. Tindakan ini bisa membuat rasa teh hijau menjadi pahit.
4. Hindari mencampur teh hijau dengan susu. Kandungan susu bisa mempersulit penyerapan polifenol yang kaya manfaat.

Nah itulah Manfaat Terbaik Teh Hijau Bagi Kecantikan semoga bermanfaatdan jangan lupa untuk senantiasa berkunjung kembali kemari untuk mencari artikel selain Manfaat Terbaik Teh Hijau Bagi Kecantikan, karrena masih banyak aneka manfaat yang lain yang sudah sekitarduniamu share.salam sejahtera untuk semua,.
Contoh Makalah Pendidikan Anak Usia Dini [PAUD]

Contoh Makalah Pendidikan Anak Usia Dini [PAUD]

Contoh Makalah Pendidikan Anak Usia Dini [PAUD] - Dibawah ini adalah contoh makalah PAUD yang bisa sobat jadikan inspirasi untuk membuat Makalah Pendidikan Anak Usia Dini [PAUD].
BAB I
                                                               PENDAHULUAN           
1.1  Latar belakang
            Anak adalah titipan tuhan yang harus kita jaga dan kita didik agar ia menjadi manusia yang berguna dan tidak menyusahkan siapa saja. Secara umum anak mempunyai hak dan kesempatan untuk berkembang sesuai potensinya terutama dalam bidang pendidikan.
Setiap anak dilahirkan bersamaan dengan potensi-potensi yang dimilikinya. Tak ada satu pun yang luput dari Pengawasan dan Kepedulian-Nya. merupakan tugas orang tua dan guru untuk dapat menemukan potensi tersebut. Syaratnya adalah penerimaan yang utuh terhadap keadaan anak.
Dalam bidang pendidikan seorang anak dari lahir memerlukan pelayanan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan disertai dengan Pemahaman mengenai karakteristik anak sesuai pertumbuhan dan perkembangannya akan sangat membantu dalam menyesuaikan proses belajar bagi anak dengan usia, kebutuhan, dan kondisi masing-masing, baik secara intelektual, emosional dan sosial.
 Masa usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Periode ini adalah tahun-tahun berharga bagi seorang anak untuk mengenali berbagai macam fakta di lingkungannya sebagai stimulans terhadap perkembangan kepribadian, psikomotor, kognitif maupun sosialnya.
Untuk itu pendidikan untuk usia dini dalam bentuk  pemberian rangsangan-rangsangan (stimulasi) dari lingkungan terdekat sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kemampuan anak.


1.2  Tujuan pembuatan makalah
Adapun tujuan penulisan Makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Memenuhi salah satu tugas mata kuliah Ilmu Pendidikan
2. Melatih mahasiswa untuk dapat mengembangkan keterampilan yang       
    dimilikinya.
3. Melatih mahasiswa dalam pengalaman langsung atau tidak langsung dalam
Memberikan informasi kepada masyarakat tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, sertaketerampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dankebijaksanaan. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajarkebudayaan melewati generasi.
Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaanyang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan anak usia dini mulai lahir sampai baligh (kalau perempuan ditandai menstruasi sedangkan laki-laki sudah mimpi sampai mengeluarkan air mani) adalah tanggung jawab sepenuhnya orang tua. Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 1 butir 14, pendidikan anak usia dini didefinisikan sebagai suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu:
  • Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
  • Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.
Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini
  • Infant (0-1 tahun)
  • Toddler (2-3 tahun)
  • Preschool/ Kindergarten children (3-6 tahun)
  • Early Primary School (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)
Hal-hal yang harus dipahami dalam Karakteristik Anak Usia Dini adalah sebagai berikut:

1.     Mengetahui hal-hal yang dibutuhkan oleh anak, yang bermanfaat bagi perkembangan hidupnya.
2.     Mengetahui tugas-tugas perkembangan anak, sehingga dapat memberikan stimulasi kepada anak, agar dapat melaksanakan tugas perkembangan dengan baik.
3.     Mengetahui bagaimana membimbing proses belajar anak pada saat yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.
4.     Menaruh harapan dan tuntutan terhadap anak secara realistis.
5.     Mampu mengembangkan potensi anak secara optimal sesuai dengan keadaan dan kemampuannya.
            fisik dan psikologis ( hall & lindzey, 1993).
Adapun pentingnya pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah sebagai berikut:
1)   PAUD sebagai titik sentral strategi pembangunan sumber daya manusia dan sangat fundamental.
2)   PAUD memegang peranan penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya, sebab merupakan fondasi dasar bagi kepribadian anak.
3)   Anak yang mendapatkan pembinaan sejak dini akan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik maupun mental yang akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar, etos kerja, produktivitas, pada akhirnya anak akan mampu lebih mandiri dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.
4)   Merupakan Masa Golden Age (Usia Keemasan). Dari perkembangan otak manusia, maka tahap perkembangan otak pada anak usia dini menempati posisi yang paling vital yakni mencapai 80% perkembangan otak.
5)   Cerminan diri untuk melihat keberhasilan anak dimasa mendatang. Anak yang mendapatkan layanan baik semenjak usia 0-6 tahun memiliki harapan lebih besar untuk meraih keberhasilan di masa mendatang. Sebaliknya anak yang tidak mendapatkan pelayanan pendidikan yang memadai membutuhkan perjuangan yang cukup berat untuk mengembangkan hidup selanjutnya.
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan Komitmen Dunia seperti yang tertera dalam kutipan sebagai berikut:
·       Komitmen Jomtien Thailand (1990)
’Pendidikan untuk semua orang, sejak lahir sampai menjelang ajal.’
·       Deklarasi Dakkar (2000)
’Memperluas dan memperbaiki keseluruhan perawatan dan pendidikan anak usia dini secara komprehensif terutama yang sangat rawan dan terlantar.’
·       Deklarasi  ”A World Fit For Children” di New York (2002)
‘Penyediaan Pendidikan yang berkualitas’

2.2 Landasan Yuridis Tentang PAUD
1.  Pembukaan UUD 1945 ; ‘Salah satu tujuan kemerdekaan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.’
  1. Amandemen UUD 1945 pasal 28 C
’Setiap anak berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.’
3.      UU No. 23/2002 Tentang Perlindungan Anak Pasal 9 ayat (1)
’Setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minta dan bakat.’
4.      UU No 20/2003 pasal 28
1)      Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar.
2)      Pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, non formal, dan/atau informal.
3)      Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-Kanak (TK), Raudhatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat.
4)      Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan non formal berbentuk kelompok bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat.
5)      Pendidikan anak usia dini pada jalur informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.

2.3 Perkembangan Anak
Ditinjau dari psikologi perkembangan, usia 6-8 tahun memang masih berada dalam rentang usia 0-8 tahun. Itu berarti pendidikan yang diberikan dalam keluarga maupun di lembaga pendidikan formal haruslah kental dengan nuansa pendidikan anak usia dini, yakni dengan mengutamakan konsep belajar melalui bermain. Perkembangan anak sebagai perubahan psikologis menurut Kartini Kartono ditunjang oleh faktor lingkungan dan proses belajar dalam fase tertentu.
Nana Syaodah Sukmadinata mengemukakan ada tiga pendekatan perkembangan individu, yaitu Pendekatan Pentahapan, diferensial dan isaptif. Khususnya pada pendekatan isaptif pada perkembangan anak mencakup perkembangan psikososial, perkembangan motorik, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, perkembangan bahasa, perkembangan moral dan perkembangan emosional.
tahapan perkembangan psikososial anak menurut Erik Erikson dalam Malcolm Knowles adalah sebagai berikut:
·       Tahap kepercayaan dan ketidak percayaan (trust versus misstrust), yaitu tahap psikososial yang terjadi selama tahun pertama kehidupan. Pada tahap ini,bayi mengalami konflik anatara percaya dan tidak percaya. Rasa percaya menuntut perasaan nyaman secara fisik dan sejumlah kecil ketakutan serta kekhawatiran akan masa depan.
·       Tahap otonomi dengan rasa malu dan ragu (autonomi versus shame and doubt), yaitu tahap kedua perkembangan psikososial yang berlangsung pada akhir masa bayi dan masa baru pandai berjalan. Setelah memperoleh kepercayaan dari pengasuh mereka, bayi mulai menemukan bahwa perilaku mereka adalah milik mereka sendiri. Mereka mulai menyatakan rasa mandiri atau atonomi mereka dan menyadari kemauan mereka. Jika orangtua cenderung menuntut terlalu banyak atau terlalu membatasi anak untuk menyelidiki lingkungannya, maka anak akan mengalami rasa malu dan ragu-ragu.
·       Tahap prakarsa dan rasa bersalah (initiatif versus guilt), yaitu tahap perkembangan psikososial ketiga yang berlangsung selama tahun pra sekolah. Pada tahap ini anak terlihat sangat aktif, suka berlari, berkelahi, memanjat-manjat, dan suka menantang lingkungannya. Dengan menggunakan bahasa, fantasi dan permainan khayalan, dia memperoleh perasaan harga diri. Bila orangtua berusaha memahami, menjawab pertanyaan anak, dan menerima keaktifan anak dalam bermain, maka anak akan belajar untuk mendekati apa yang diinginkan, dan perasaan inisiatif semakin kuat. Sebaliknya, bila orangtua kurang memahami, kurang sabar, suka memberi hukuman dan menganggap bahwa pengajuan pertanyaan, bermain dan kegiatan yang dilakukan anak tidak bermanfaat maka anak akan merasa bersalah dan menjadi enggan untuk mengambil inisiatif mendekati apa yang diinginkannya.
·       Tahap kerajinan dan rasa rendah diri (industry versus inferiority),yaitu perkembangan yang berada langsung kira-kira tahun sekolah dasar. Pada tahap ini, anak mulai memasuki dunia yang baru, yaitu sekolah dengan segala aturan dan tujuan. Anak mulai mengarahkan energi mereka menuju penguasaan pengetahuan dan keterampilan intelektual.perasaan anak akan timbul rendah diri apabila tidak bisa menguasai keterampilan yang diberikan disekolah.
·       Tahap identitas dan kekacauan identitas (identity versus identity confusion), yaitu perkembangan yang berlangsung selama tahun-tahun masa remaja. Pada tahap ini, anak dihadapkan pada pencarian jati diri. Ia mulai merasakan suatu perasaan tentang identitasnya sendiri, perasaan bahwa ia adalah individu unik yang siap memasuki suatu peran yang berarti ditengah masyarakat baik peran yang bersifat menyesuaikan diri maupun memperbaharui. Apabila anak mengalami krisis dari masa anak kemasa remaja maka akan menimbulkan kekacauan identitas yang mengakibatkan perasaan anak yang hampa dan bimbang.
·       Tahap keintiman dan isolasi (intimacy versus isolation), yaitu perkembangan yang dialami pada masa dewasa. Pada masa ini adalah membentuk relasi intim dengan oranglain. Menurut erikson, keintiman tersebut biasanya menuntut perkembangan seksual yang mengarah pada hubungan seksual dengan lawan jenis yang dicintai. Bahaya dari tidak tercapainya selama tahap ini adalah isolasi, yakni kecenderungan menghindari berhubungan secara intim dengan oranglain kecuali dalam lingkup yang amat terbatas.
·       Tahap generativitas dan stagnasi (generativity versus stagnation), yaitu perkembangan yang dialami selama pertengahan masa dewasa. Ciri utama tahap generativitas adalah perhatian terhadap apa yang dihasilkan (keturunan, produk, ide-ide, dan sebagainya) serta pembentukan dan penetapan garis-garis pedoman untuk generasi mendatang. Apabila generativitas tidak diungkapkan dan lemah maka kepribadian akan mundul mengalami pemiskinan dan stagnasi.
·       Tahap integritas dan keputusasaan (integrity versus despair), yaitu perkembangan selama akhir masa dewasa. Integritas terjadi ketika seorang pada tahun-tahun terakhir kehidupannya menoleh kebelakang dan mengevaluasi apa yang telah dilakukan dalam hidupnya selama ini, menerima dan menyesuaikan diri dengan keberhasilan dan kegagalan yang dialaminya, merasa aman dan tentram, serta menikmati hidup sebagai yang berharga dan layak. Akan tetapi, bagi orangtua yang dihantui perasaan bahwa hidupnya selama ini sama sekali tidak mempunyai makna ataupun memberikan kepuasan pada dirinya maka ia akan merasa putus asa.

Perkembangan Kognitif Anak Menurut PIAGET tahapan perkembangan ini dibagi dalam 4 tahap yaitu sebagai berikut:
1. Sensori Motor (usia 0-2 tahun)
Dalam tahap ini perkembangan panca indra sangat berpengaruh dalam diri anak.
Keinginan terbesarnya adalah keinginan untuk menyentuh/memegang, karena didorong oleh keinginan untuk mengetahui reaksi dari perbuatannya.
Dalam usia ini mereka belum mengerti akan motivasi dan senjata terbesarnya adalah 'menangis'.
Menyampaikan cerita/berita Injil pada anak usia ini tidak dapat hanya sekedar dengan menggunakan gambar sebagai alat peraga, melainkan harus dengan sesuatu yang bergerak (panggung boneka akan sangat membantu).

2. Pra-operasional (usia 2-7 tahun)
Pada usia ini anak menjadi 'egosentris', sehingga berkesan 'pelit', karena ia tidak bisa melihat dari sudut pandang orang lain. Anak tersebut juga memiliki kecenderungan untuk meniru orang di sekelilingnya. Meskipun pada saat berusia 6-7 tahun mereka sudah mulai mengerti motivasi, namun mereka tidak mengerti cara berpikir yang sistematis - rumit.
Dalam menyampaikan cerita harus ada alat peraga.

3. Operasional Kongkrit (usia 7-11 tahun)
Saat ini anak mulai meninggalkan 'egosentris'-nya dan dapat bermain dalam kelompok dengan aturan kelompok (bekerja sama). Anak sudah dapat dimotivasi dan mengerti hal-hal yang sistematis.
Namun dalam menyampaikan berita Injil harus diperhatikan penggunaan bahasa.
Misalnya: Analogi 'hidup kekal' - diangkat menjadi anak-anak Tuhan dengan konsep keluarga yang mampu mereka pahami.

4. Operasional Formal (usia 11 tahun ke atas)
Pengajaran pada anak pra-remaja ini menjadi sedikit lebih mudah, karena mereka sudah mengerti konsep dan dapat berpikir, baik secara konkrit maupun abstrak, sehingga tidak perlu menggunakan alat peraga.
Namun kesulitan baru yang dihadapi guru adalah harus menyediakan waktu untuk dapat memahami pergumulan yang sedang mereka hadapi ketika memasuki usia pubertas.

Pada umumnya dalam perkembangan Emosional seorang anak terdapat empat kunci utama emosi pada anak yaitu :
  1. perasaan marah
perasaan ini akan muncul ketika anak terkadang merasa tidak nyaman dengan lingkungannya atau ada sesuatu yang mengganggunya. Kemarahan pun akan dikeluarkan anak ketika merasa lelah atau dalam keadaan sakit. Begitu punketika kemauannya tidak diturutioleh orangtuanya, terkadang timbulrasa marah pada sianak.
  1. perasaan takut
rasa takut ini di rasakan anak semenjak bayi. Ketika bayi merekatakut akan suara-suara yang gaduh atau rebut. Ketika menginjak masa anak-anak, perasaan takut mereka muncul apabila di sekelilingnya gelap. Mereka pu mulai berfantasi dengan adanya hantu, monster dan mahluk-mahluk yang menyeramkan lainnya.
  1. perasaan gembira
perasaan gembira ini tentu saja muncul ketika anak merasa senang akan sesuatu. Contohnya ketika anakdiberi hadiaholeh orang tuanya, ketika anak juara dalam mengikuti suatu lomba, atau ketika anak dapat melakukan apa yang diperintahkan orang tuanya. Banyak hal yang dapat membuat anak merasa gembira.
  1. rasa humor
Tertawa merupakan hal yang sangat universal. Anak lebih banyak tertawa di bandingkan orang dewasa. Anak akan tertawa ketika melihat sesuatu yang lucu.
Keempat perasaan itu merupakan emosi negative dan positif. Perasaan marah dan ketakutan merupakan sikap emosi yang negative sedangkan perasaan gembira dan rasa lucu atau humor merupakan sikap emosi yang positif.
Menurut Kohlberg Perkembangan moral (moral development) berhubungan dengan peraturan-peraturan dan nilai-nilai mengenai apa yang harus dilakukan seseorang dalam interaksinya dengan orang lain. Anak-anak ketika dilahirkan tidak memiliki moral (imoral). Tetapi dalam dirinya terdapat potensi yang siap untuk dikembangkan. Karena itu, melalui pengalamannya berinteraksi dengan orang lain (dengan orang tua, saudara dan teman sebaya), anak belajar memahami tentang perilaku mana yang baik, yang boleh dikerjakan dan tingkah laku mana yang buruk, yang tidak boleh dikerjakan.
2.4 peranan keluarga
Keluarga adalah institusi pertama yang melakukan pendidikan dan pembinaan terhadap anak (generasi). Disanalah pertama kali dasar-dasar kepribadian anak dibangun. Anak dibimbing bagaimana ia mengenal Penciptanya agar kelak ia hanya mengabdi kepada Sang Pencipta Allah SWT. Demikian pula dengan pengajaran perilaku dan budi pekerti anak yang didapatkan dari sikap keseharian orangtua ketika bergaul dengan mereka. Bagaimana ia diajarkan untuk memilih kalimat-kalimat yang baik, sikap sopan santun, kasih sayang terhadap saudara dan orang lain. Mereka diajarkan untuk memilih cara yang benar ketika memenuhi kebutuhan hidup dan memilih barang halal yang akan mereka gunakan. Kesimpulannya, potensi dasar untuk membentuk generasi berkualitas dipersiapkan oleh keluarga.
Keluarga dalam hal ini adalah aktor yang sangat menentukan terhadap  masa depan perkembangan anak. Dari pihak keluarga perkembangan  pendidikan sudah dimulai semenjak masih dalam kandungan. Anak yang  belum lahir sebenarnya sudah bisa menangkap dan merespons apa-apa yang  dikerjakan oleh orang tuanya, terutama kaum ibu.
Tidak heran kemudian apabila anak yang dibesarkan dalam situasi dan kondisi yang kurang membaik semasa masih dalam kandungan berpengaruh  terhadap kecerdasan anak ketika lahir. Dengan demikian, pihak keluarga sejatinya banyak mengetahui perkembangan-perkembangan anak. Pada saat anak masih dalam kandungan, pihak orang tua harus lebih memperbanyak perkataan, perbuatan, dan  tindakan-tindakan yang lebih edukatif.
Ketika anak itu sudah lahir, maka tantangan terberat adalah bagaimana orang tua dapat mengasihi dan menyayangi anak sesuai dengan dunianya. Poin yang kedua ini ketika anak-anak (usia bayi hingga dua tahun) mempunyai tahap perkembangan yang cukup potensial. Anak-anak mempunyai  imajinasi dengan dunianya yang bisa membuahkan kreativitas dan  produktivitas pada masa depannya. Tapi, pada fase-fase tertentu banyak orang tua tidak memberikan kebebasan untuk berekspresi, bermain, dan bertingkah laku sesuai  dengan imajinasinya. Banyak orang tua yang terjebak pada pembuatan  peraturan yang ketat. Ini memang tujuannya untuk kebaikan anak.
Pengekangan dan pengarahan menurut orang tua tidak baik untuk memompa  kecerdasan dan kreativitas anak. Bahkan, malah berakibat sebaliknya, yakni anak-anak akan kehilangan dunianya sehingga daya kreativitas anak dipasung dan dipaksa masuk dalam dunia orang tua. Paradigma  semacam inilah yang sejatinya diubah oleh pihak orang tua dalam proses pendidikan anak usia dini.
Menarik salah satu pernyataan seorang pujangga Lebanon, Kahlil Gibran (1883). "Anak kita bukanlah kita, pun bukan orang lain. Ia adalah ia. Dan hidup di zaman yang berbeda dengan kita. Karena itu, memerlukan sesuatu yang lain dengan yang kita butuhkan. Kita hanya boleh memberi rambu-rambu penentu jalan dan menemaninya ikut menyeberangi jalan. Kita bisa memberikan kasih sayang, tapi bukan pendirian. Dan sungguh pun mereka bersamamu, tapi bukan milikmu.
Pernyataan tersebut cukup tepat untuk mewakili siapa sebenarnya anak-anak kita dan bagaimana seharusnya kita berbuat yang terbaik untuknya. Untuk itu pernyataan di atas sejatinya dijadikan referensi  dalam memandang anak-anak oleh keluarga, terutama orang tua, yang  ingin menjadikan anaknya berkembang secara kreatif, dinamis, dan produktif.
Keluarga yang selama ini masih cenderung kaku dalam mendidik anaknya pada masa kecil sejatinya diubah pada pola yang lebih bebas. Anak adalah dunia bermain. Dunia anak adalah dunia di mana keliaran imajinasi terus mengalir deras.
Anak sudah mempunyai dunianya tersendiri yang beda dengan orang dewasa. Hanya dengan kebebasan bukan pengerangkengan anak-anak akan bisa memfungsikan keliaran dan kreativitasnya secara lebih produktif. Hanya dengan dunianya anak-anak akan mampu mengaktualisasikan segenap potensi yang ada dalam dirinya.
Oleh karena begitu besarnya peranan orang tua dalam perkembangan anak maka orang tua dituntut untuk dapat memahami pola-pola perkembangan anak sehingga mereka dapat mengarahkan anak sesuai dengan masa perkembangan anak tersebut. Selanjutnya orangtua berkewajiban untuk menciptakan situasi dan kondisi yang memadai untuk menunjang perkembangan anak-anaknya. Dengan tercapainya perkembangan anak kearah yang sempurna maka akan terciptanya keluarga yang sejahtera. Menurut Siregar dalm makalahnya 2 agustus 1996 pada seminar hari anak Indonesia di Bandung mengemukakan tentang keluarga sejahtera yaitu bahwa keluarga sejahtera selalu didambakan setiap individu. Tujuan utama dari keluarga sejahtera adalah keluarga hendaknya merupakan wadah pengembangan anak seoptimal mungkin, sehingga mereka berkembang menjadi pribadi dewasa yang penuh tanggung jawab dan matang dikemudian hari.

2.5 Menumbuhkan Kecerdasan Anak Usia Dini
Seorang anak yang baru lahir, ia masih berada dalam keadaan lemah, naluri dan fungsi-fungsi fisik maupun psikisnya belum berkembang dengan sempurna. Namun secara pasti berangsur-angsur anak akan terus belajar dengan lingkungannya yang baru dan dengan alat inderanya, baik itu melalui pendengaran, penglihatan, penciuman, perabaan mapun pengecapan. Anak berkemungkinan besar untuk berkembang dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya. Bahkan anak bisa meningkat pada taraf perkembangan tertinggi pada usia kedewasaannya sehingga ia mampu tampil sebagai pionir dalam mengendalikan alam sekitar. Hal ini karena anak memiliki potensi yang telah ada dalam dirinya.
Hal yang dibutuhkan anak agar tumbuh menjadi anak yang cerdas adalah adanya upaya-upaya pendidikan sepertiu terciptanya lingkungan belajar yang kondusif, memotivasi anak untuk belajar, dan bimbingan serta arahan kearah perkembangan yang optimal. Dengan begitu menumbuhkan kecerdasan anak yaitu mengaktualisasikan potensi yang ada dalam diri anak. Sebab jika potensi kecerdasannya tidak dibimbing dan diarahkan dengan rangsangan-rangsangan intelektual, maka walaupun dia memiliki bakat jenius aakan tidak ada artinya sama sekali. Sebaliknya jika seorang anak yang memiliki kecerdasan rata-rata atau normal bila didukung lingkungan yang kondusif maka ia akan dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas diatas rata-rata atau superior. Hal ini berarti lingkungan memegang peranan penting bagi pendidikan anak selain bakat yang telah dimiliki oleh anak itu sendiri.

2.6 Karakteristik Belajar Anak
Menurut konsep PAUD yang sebenarnya, anak-anak seharusnya dikondisikan dalam suasana belajar aktif, kreatif, dan menyenangkan lewat berbagai permainan. Dengan demikian, kebutuhannya akan rasa aman dan nyaman tetap terpenuhi. Kalaupun kepada siswa SD kelas awal ingin diajarkan konsep berhitung, contohnya, pilihlah sarana pembelajaran melalui nyanyian atau cara lain yang mudah dipahami dan menyenangkan.
Hanya saja, meski sama-sama melalui cara yang menyenangkan, tujuan pendidikan anak usia prasekolah berbeda dari pendidikan anak usia sekolah dasar awal. Kalau pendidikan bagi anak usia prasekolah bertujuan mengoptimalkan tumbuh kembang anak, maka konsep pendidikan di awal sekolah dasar bertujuan mengarahkan anak agar dapat mengikuti tahapan-tahapan pendidikan sesuai jenjangnya. Selain tentu saja untuk mengembangkan berbagai kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan guna mengoptimalkan kecerdasannya.
Proses pembelajaran kepada anak harus sesuai dengan konsep pendidikan anak usia dini. Mengajarkan konsep membaca dan berhitung, contohnya, haruslah dengan cara yang menarik dan bisa dinikmati anak.Yang tidak kalah penting, selama proses belajar, jadikan anak sebagai pusatnya dan bukannya guru yang mendominasi kelas. Dalam pelaksanaannya, inilah yang disebut CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif). Jadi bukannya "CBSA" yang kerap diplesetkan sebagai "Catat Buku Sampai Abis".
Sementara pendidikan usia dini yang diberikan dalam keluarga juga harus berpijak pada konsep PAUD. Artinya, pola asuh yang diterapkan orang tua hendaknya cukup memberi kebebasan kepada anak untuk mengembangkan aneka keterampilan dan kemandiriannya. Ingat, porsi waktu terbesar yang dimiliki anak adalah bersama keluarganya dan bukan di sekolah.

2.7 Program Pendidikan Bagi Anak Usia Dini
Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 1992 tentang pendidikan pra-sekolah, pasal 4 ayat (1) disebutkan bahwa “bentuk satuan pendidikan pra-sekolah meliputi Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermain dan Penitipan Anak serta bentuk lain yang diterapkan oleh Menteri.
Kelompok Bermain
Pendidikan dini bagi anak-anak usia pra-sekolah (3-6 tahun) merupakan hal yang penting, karena pada usia ini merupakan masa membentuk dasar-dasar kepribadian manusia, kemampuan berfikir, kecerdasan, keterampilan serta kemandirian maupun kemampuan bersosialisasi. Pada dasarnya dunia anak adalah dunia fundamental dari perkembangan manusia menuju manusia dewasa yang sempurna. Disadari bahwa generasi merupakan generasi penerus yang perlu dibina sejak dini, karenanya pembinaan sejak dini merupakan tanggung jawab keluarga dan masyarakat. Pembinaan anak usia pra-sekolah terutama peranan keluarga sangat menentukan.
Menurut Peraturan Pemerintah No 27 tahun 1990 tentang pendidikan pra-sekolah, Kelompok Bermain adalah salah satu bentuk usaha kesejahteraan anak dengan mengutamakan kegiatan bermain, yang juga menyelenggarakan pendidikan pra-sekolah bagi anak usia 3 tahun sampai memasuki pendidikan dasar.
Selama tahun pra-sekolah, taman kanak-kanak, pusat penitipan anak-anak dan kelompok bermain semuanya menekankan permainan yang memakai mainan. Akibatnya baik sendiri atau berkelompok mainan merupakan unsure yang penting dari aktivitas bermain anak. Bermain dengan teman-teman sebayanya, anak dirangsang dalam kemampuan mental seperti kecerdasan, kreativitas, kemampuan sosial yang sangat bermanfaat pada masa kini dan masa yang akan datang. Kegiatan bermain memiliki arti positif terhadap perkembangan sosial anak. Seperti yang dikemukakan oleh Zulkifli bahwa dengan berman mereka lebih banyak mengenal benda-benda yang berguna bagi perkembangan sosialnya. Hal ini dapat terlihat dengan mengenal benda seperti mobil dapat mengembangkan rasa sosial anak dimana benda tersebut dapat membantu orang lain eprgi kesuatu tempat tertentu. Secara lebih jauh dapat dilihat dengan adanya perkembangan teknologi menunjukan makin menariknya teknis dan permainan elektronik bagi anak yang ditunjang oleh situasi dan kondisi dimana anak-anak sulit mendapat teman sebaya untuk bersosialisasi sehingga anak dapat menonton atau bermain sendiri tanpa memerlukan oranglain.

 BAB III
KESIMPULAN

Seorang anak yang baru lahir, ia masih berada dalam keadaan lemah, naluri dan fungsi-fungsi fisik maupun psikisnya belum berkembang dengan sempurna. Hal yang dibutuhkan anak agar tumbuh menjadi anak yang cerdas adalah adanya upaya-upaya pendidikan sepertiu terciptanya lingkungan belajar yang kondusif, memotivasi anak untuk belajar, dan bimbingan serta arahan kearah perkembangan yang optimal. Dengan begitu menumbuhkan kecerdasan anak yaitu mengaktualisasikan potensi yang ada dalam diri anak.
Masa usia dini merupakan Periode emas yang merupakan periode kritis bagi anak, dimana perkembangan yang diperoleh pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya hingga masa dewasa. Sementara masa emas ini hanya datang sekali, sehingga apabila terlewat  berarti habislah peluangnya. Untuk itu pendidikan untuk usia dini dalam bentuk  pemberian rangsangan-rangsangan (stimulasi) dari lingkungan terdekat sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kemampuan anak.
Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Ditinjau dari psikologi perkembangan, usia 6-8 tahun memang masih berada dalam rentang usia 0-8 tahun. Itu berarti pendidikan yang diberikan dalam keluarga maupun di lembaga pendidikan formal haruslah kental dengan nuansa pendidikan anak usia dini, yakni dengan mengutamakan konsep belajar melalui bermain.
                                            DAFTAR PUSTAKA

M. Taqiyuddin. (2005). Pendidikan Untuk semua (Dasar dan Falsafah Pendidikan Luar Sekolah). Cirebon: STAIN Cirebon Press.
Purwanto. Ngalim. (2006). Ilmu pendidikan teoretis dan praktis. Bandung: Rosda
Gunawan, Ari. (1995). Kebijakan-kebijakan Pendidikan. Jakarta: PT. Rhineka Cipta
Tilaar. (1992). Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Rosda
Latif, Abdul. (2007). Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Reflika Aditama
Nurihsan, Juntika, 2007. Perkembangan Peserta Didik, Bandung : Sekolah Pasca Sarjana UPI
http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini
http://qeeasyifa.multiply.com/journal/item/61/MEMAHAMI_PENDIDIKAN_ANAK_USIA_DINI
http://www.tabloid-nakita.com/artikel2.php3?edisi=07327&rubrik=topas
http://eldiina.com/index.php?option=com_content&task=view&id=29&Itemid=1
www.akhmadsudrajat.wordpress.com